Tuesday, October 20, 2009

CONTOH LAPORAN PTK TATABUSANA

CONTOH LAPORAN PTK TATABUSANA

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBUATAN POLA TEKNIK KONSTRUKSI DENGAN CREATIVE PRODUCTIVE LEARNING DI KELAS XI PROGRAM TATA BUSANA SMK NEGERI

ABSTRAK

Someone. 2007. Upaya Peningkatan Kemampuan Pembuatan Pola Teknik Konstruksi dengan Creative Productive Learning di Kelas XI Program Tata Busana SMK Negeri . Pembimbing : Dra. Ibu Dosen, M.Pd, M.Hum
Kata kunci: peningkatan kemampuan, pola teknik konstruksi, creative productive learning.
Keterampilan pemahaman terhadap suatu bahan ajar memiliki peran yang sangat penting bagi siswa dalam mengikuti pendidikan di berbagai jenjang dan jenis sekolah. Keterampilan ini merupakan keterampilan dasar bagi siswa yang harus mereka kuasai agar dapat mengikuti kegiatan dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Keberhasilan siswa dalam mengikuti pelajaran sangat dipengaruhi oleh keterampilannya dalam menguasai suatu bahan ajar.
Berdasarkan hasil observasi awal diketahui kemampuan pemahaman dalam pembuatan pola pada siswa kelas XI SMK Negeri masih rendah dan belum memuaskan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan skor rata-rata klasikal yang diperoleh sebesar 54,46. Rendahnya kemampuan pemahaman siswa dalam pembuatan pola disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari diri siswa sendiri, sedangkan faktor eksternal berasal dari kurangnya pemberian latihan dan teknik pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Berdasarkan paparan di atas penelitian ini mengangkat permasalahan, yaitu bagaimanakah peningkatan kemampuan pembuatan pola teknik konstruksi dengan creative productive Learning di kelas XI Program Tata Busana SMK Negeri dan perubahan perilaku siswa kelas XI Program Tata Busana SMK Negeri setelah mengikuti pembelajaran pembuatan pola teknik konstruksi dengan creative productive Learning. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatan kemampuan pembuatan pola teknik konstruksi dengan creative productive Learning di kelas XI Program Tata Busana SMK Negeri dan mendiskripsikan perubahan perilaku siswa kelas XI Program Tata Busana SMK Negeri setelah mengikuti pembelajaran pembuatan pola teknik konstruksi dengan creative productive Learning. Hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi siswa, guru dan sekolah.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMK Negeri . Penelitian ini, terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal, dan wawancara. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif sedangkan analisis data nontes dilakukan secara kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada siklus I dan siklus II. Pada tes awal rata-rata skor yang dicapai adalah 54,46%. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 10,0% dan rata-rata skor menjadi 64,46% . Pada siklus II rata-rata skor meningkat menjadi 74,19%. Hal ini terjadi peningkatan sebesar 9,73%. Peningkatan pemahaman siswa pada tiap siklus diikuti dengan perubahan tingkah laku siswa ke arah yang postif. Hal tersebut terlihat pada keaktifan dan keantusiasan siswa dalam menerima pembelajaran, karena siswa merasa senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran pembuatan pola teknik konstruksi dengan creative productive learning.
Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar para guru program tata busana dapat menggunakan model creative productive learning dalam pembelajaran pembuatan pola konstruksi karena dapat mendorong siswa aktif berpikir dan dapat lebih mempertajam pemahaman siswa terhadap pembuatan pola konstruksi. Para peneliti di bidang keterampilan khususnya program tata busana dalam melakukan penelitian mengenai pembelajaran pembuatan pola konstruksi diharapkan dapat menggunakan teknik pembelajaran yang berbeda. Salah satu alternatifnya dengan menggunakan model creative productive learning. Dengan model ini siswa mampu memecahkan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran.

.............. BAb I dst.

No comments:

Post a Comment